ARKAMUDA 2019 RESMI MENJADI BAGIAN FISIP UNPAD

Kamis (22/8), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran secara resmi menyambut Arkamuda (panggilan mahasiswa baru FISIP) tahun akademik 2019/2020 pada acara Orientasi Mahasiswa Baru FISIP (Orasi) 2019 yang digelar di Lapangan FISIP kampus Unpad Jatinangor. Acara tersebut diawali dengan agenda upacara penerimaan mahasiswa baru yang dipimpin oleh Dr. R. Widya Setyabudi Sumadinata, M.T., M.Si. sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjdadjaran.

Dalam pidatonya, Dekan memaparkan jumlah mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan jumlah total sebanyak 1113 mahasiswa mengharapkan para mahasiswa baru akan mengikuti proses belajar mengajar dengan baik. Daftar mahasiswa tersebut diserahkan kepada ketua program studi oleh Dekan. Dekan juga menyematkan atribut sebagai simbolis atas diresmikannya mahasiswa baru TA. 2019/2020 sebagai bagian dari Keluarga Mahasiswa FISIP Unpad.

Pada kesempatan tersebut, Arkamuda FISIP Unpad TA. 2019/2010 juga diperkenalkan dengan kepala departemen, guru besar, ketua program studi, anggota senat sebagai perwakilan program studi. Dalam kegiatan ini turut hadir Dekan FISIP Unpad periode sebelumnya.

Selain Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru, juga dilaksanakan kuliah umum oleh Ahmad Fuadi, novelis Indonesia dengan salah satu karyanya yang terkenal yaitu Novel Negeri 5 Menara. Kuliah umum ini dimoderatori oleh Bapak Dekan FISIP Unpad, Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata. Dalam kuliah umum tersebut pemateri memaparkan bagaimana menjadi mahasiswa merdeka dan kiat-kiat memerdekakan diri dengan tiga aspek, yaitu kerja keras, kesabaran, dan konsistensi.

Setelah itu Arkamuda juga mengikuti seminar kepenulisan karya ilmiah berupa PKM dengan pemateri kak Dede Putri Sriyani atau yang akrab disapa kak Celi. Arkamuda disuguhkan paparan mengenai pelatihan & pengembangan serta sistematika penulisan PKM sebagai stimulus untuk menghasilkan karya tulis ilmiah berupa PKM. Pada akhir sesi seminar, Arkamuda ditantang untuk dapat menghasilkan PKM GT yang nantinya dapat menjadi bekal untuk mengikuti kegiatan PIMNAS.

Kegiatan Orasi pada hari pertama ini berjalan dengan khidmat, lancar, dan kondusif. Sehingga diharapkan nilai-nilai yang ingin ditanamkan dapat tersampaikan dengan baik kepada Arkamuda 2019.