Kegiatan Workshop Hasil Pemetaan Sosial dan Penyusunan Renstra Corporate Social Responsibility PT. Indonesia Power (UPJP Kamojang)

Pusat Studi Corporate Social Responsibilty (CSR), Kewirausahaan Sosial, dan Pengembangan Masyarakat FISIP Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan PT. Indonesia Power Unit Pembangkit dan Jasa Pembangkitan (UPJP) Kamojang, Jawa Barat; menyelenggarakan kegiatan “Workshop Hasil Pemetaan Sosial dan Penyusunan Rencana Strategis Corporate Social Responsibility” pada hasi Kamis 13 September 2018.

Kegiatan Workshop tersebut selain merupakan pertanggungjawaban pihak Universitas Padjadjaran melalui Pusdi CSR, KS & PpM terhadap proses kerjasama yang telah dijalin, sekaligus juga merupakan diseminasi hasil social mapping dan penyusunan Renstra kepada civitas di lingkungan Universitas Padjadjaran. Hasil workshop yang dihadiri oleh pihak PT. Indonesia Power UPJP Kamojang, para Dosen, dan para mahasiswa, diharapkan dapat menyempurnakan hasil social mapping dan Renstra yang telah ada.

Sebagaimana dimaklumi, bahwa kegiatan Workshop ini merupakan rangkaian kegiatan yang telah disepakati, diawali sebelumnya dengan kegiatan pelatihan social mapping di kampus FISIP Unpad Jatinangor dari tanggal 20-22 Juli 2018, yang kemudian dilanjutkan dengan lapangan ‘pemetaan sosial’ di Ring 1 wilayah kerja PT. Indonesia Power UPJP, yaitu di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung dan Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut yang dilaksanakan 1 – 15 Agustus 2018 telah selesai dilaksanakan. Sedangkan kegiatan penyusunan ‘rencana strategis’  (Renstra) CSR PT. Indonesia Power, yang dilaksanakan pertengahan Agustus 2018 hingga awal September 2018.

Salah satu hasil social mapping CSR PT. Indonesia Power UPJP Kamojang adalah keberhasilan pihak perusahaan membebaskan angka buta huruf penduduk (80%) di Kampung Pelag Desa Sukalilah Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut. Selain itu dengan sentuhan dan pembinaan perusahaan dan dengan modalitas kemandirian masyarakatnya yang kuat, berhasil menjadi Kampung Mandiri, dengan produk unggulan “Kopi Pelagio”.

“Kerjasama yang terbangun antara Pusdi dengan PT. Indonesia Power UPJB Kamojang melalui kegiatan social mapping dan penyusunan Renstra ini, melibatkan para mahasiswa tingkat akhir yang seiring dengan penulisan tugas akhir (penyusunan skripsi) mereka…” sambut Dr. Santoso Tri Raharjo, M.Si (Kapusdi). Kegiatan-kegiatan riset yang terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran mahasiswa di perguruan tinggi semacam ini, semoga dapat berlanjut di masa mendatang.

Pihak PT. Indonesia Power UPJP Kamojang merasa senang dapat bekerja sama dengan Universitas Padjadjaran melalui Pusdi CSR, Kewirausahaan Sosial dan Pengembangan Masyarakat, bahkan menawarkan kepada para mahasiswa untuk Praktik Kerja Lapangan (PKL) di perusahaan. Selain itu pihak PT. IP UPJP Kamojang menawarkan kerjasama berikutnya kepada pihak Pusdi, yaitu kegiatan pendampingan penyusunan dokumentasi Proper.

 

Terima kasih

Gambar 1: Kapusdi CSR menyampaikan sambutan di hadapan pihak PT, Indonesia Power UPJP Kamojang, dan civitas akademika

Gambar 2: Serah terima hasil Social Mapping dan Renstra CSR dari Kapusdi kepada PT. Indonesia Power UPJB Kamojang

 

Gambar 3: Tim Pusdi dan PT, Indonesia Power UPJP Kamojang

Gambar 4: Gambar 3: Tim Pusdi dan PT, Indonesia Power UPJP Kamojang dan para mahasiswa

Gambar 5 & 6: Diskusi bersama tokoh dan warga masyarakat dalam rangka social mapping di salah satu desa Ring 1 PT. Indonesia UPJP Kamojang

 

(Oleh: SantosoTriRaharjo)