Kuliah umum: PRAKTIK PEKERJAAN SOSIAL DENGAN POPULASI DISABILITAS

Kuliah umum: PRAKTIK PEKERJAAN SOSIAL DENGAN POPULASI DISABILITAS

Pekerjaan sosial adalah profesi yang menjunjung terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk populasi disabilitas. Anak dengan disabilitas rentan mengalami ketidakadilan sosial dan ketidakterpenuhan hak anak yang salah satu penyebabnya adalah karena tidak adanya outreach layanan yang tersedia bagi anak dengan disabilitas dan keluarganya. Save the Children dengan project IDEAL (Inclusive Community Development and School for All) mengadvokasi kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan isu disabilitas dan pendidikan inklusif, sehingga memastikan terpenuhinya hak anak terutama di bidang pendidikan.

Kegiatan kuliah umum dengan tema besar disability issues and social work ini penting bagi para mahasiswa Program Studi Kesejahteraan Sosial yang lulusannya menjadi seorang pekerja sosial profesional terutama yang mendapatkan mata kuliah seperti praktik pekerjaan sosial dengan populasi disabilitas, praktik pekerjaan sosial dengan anak dan keluarga, serta metode community organization/community development agar mereka mendapatkan “first hand knowledge” mengenai praktik pekerjaan sosial dengan populasi disabilitas, serta isu-isu yang dihadapi oleh anak dengan disabilitas serta keluarganya.

Nara sumber pada kegiatan ini adalah Nurkumala Dewi, S.Kesos yaitu Senior Project Officer – Save the Children for IDEAL (Inclusive Community Develoment and School for All) Project.

Harapannya, melalui kegiatan ini, akan terbangun peningkatan kompetensi mahasiswa di bidang pekerjaan sosial, sekaligus membuka wawasan mengenai beragam bidang praktik pekerjaan sosial di Indonesia.

https://goo.gl/photos/V1KZfSy5TYeJvoei6