Pengajian FISIP Unpad

(Dok. Publikasi dan Humas FISIP Unpad) – Pada Hari Jum’at  Tanggal 20 Januari 2017, FISIP Unpad

Mengadakan acara Pengajian bagi seluruh Tenaga Kependidikan di Lingkungan FISIP Unpad. Pada pengajian kali ini, Bapak Dr. R.Achmad Buchari, S.IP., M.Si menjadi penceramah dengan tema ceramah “Ulil Amri”.

Acara pengajian dibuka oleh Manajer Sumber Daya Bapak Agus Taryana, S.IP., M.Si. beliau mengatakan: “ Berterima kasih kepada rekan-rekan yang hadir pada acara pengajian ini, dan InsaAllah pengajian ini akan rutin diadakan setiap minggunya, yang akan dilaksanakan di di Kampus Jatinangor dan di Kampus Jatinangor.”

Tema dari ceramah pada pengajian ini adalah ulil amri, Bapak Dr. Achmad Buchari menjelaskan berkaitan dengan Surat Annisa ayat 59 yang sering dipakai oleh para politisi Partai Islam terutama di musim kampanye menjelang Pemilu. Namun sangat disayangkan ialah umumnya mereka berbunyi sebagai berikut:

“Hai orang-orang beriman, ta’atilah Allah dan ta’atilah Rasuln (Nya), dan Ulil amri diantara kamu, kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (Sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. “ (QS. An-Nisa [4] : 59).

 Mengapa ayat ini begitu popular dikumadangkan di musim kampanye? Karena didalamnya terkandung perintah Allah agar ummat taat kepada pemimpin, namun sayang mereka biasanya hanya membacakan ayat tersebut hingga kata-kata Ulil Amri Minkum.  Bagian sesudahnya jarang dikutip. Padahal justru bagian lanjutannya adalag bagian yang paling penting. Karena bagian berikutnya adalah bagian yang menjelaskan ciri-ciri utama Ulil Amri Minkum. Bagian itulah yang menjelaskan apakah fulan-fulan yang berkampanye tersebut pantas atau tidak memiliki ketaatan ummat.

Allah menjelaskan bahwa ciri-ciri utama Ulil Amri Minkum  yang sebenarnya ialah komitmen untuk selalu mengembalikan segenap urusan yang diperselisihkan kepada Alhha (Al-Qur’an) dan Rasul (Sunnahnya). Para pemimpin sejati di antara orang-orang beriman tidak mungkin akan rela menyelesaikan berbagai urusan kepada selain Al-Qur’an dan Sunnar Ar-Rasul. Sebab mereka sangat faham dan meyakini pesan Allah

Pengajian ini dihadiri oleh  Ibu Kepala Bagian, ibu Dewi Rostiawati, S.Sos., M.Ak.,: Manajer Sumberdaya Bapak Agus Taryana, S.IP., M.Si., Manajer Perencanaan Tata Kelola dan Data Ibu Rinka Hertika, S.AB., M.Si.,  para kepala urusan di lingkungan tendik FISIP Unpad, diantaranya Ibu Nia Sugiawati Kaur Akademik, Bapak Aang Mulyana Kaur Sarana dan Prasarana, Kaur Kemahasiswaan Denih, S.IP., dan tenaga kependidikan di lingkungan FISIP Unpad

Besar harapan, melalui pengajian yang dilakukan secara rutin ini, dengan penceramah yang sebagian juga berasal dari civitas Fisip pada khususnya serta Unpad pada umumnya, akan terbangun mental2 takwa dan etos kerja yang tinggi dalam menjalankan amanah pekerjaan. Institusi pendidikan merupakan sebuah lembaga yang bertugas membangun generasi, oleh karena itu setiap entitas yang bergerak di bidang pendidikan wajib selalu berintrospeksi diri dan membersihkan hati.

(Hery W dan Imam S/Humas FISIP Unpad)