Kuliah Umum “Keyakinan dan Kekuatan: Seni Beladiri Silat Banten”

Pada hari Kamis 15 Desember 2016, sebagai salah satu kerjasama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran  dengan Institut Francais Indonesia (IFI) Bandung,bertemoat di Ruang Seminar Gedung A,  FISIP Unpad mengadakan Kuliah Umum yang bertema Keyakinan dan Kekuatan: Seni Beladiri Silat Banten  dengan Keynote Speaker Dr. Gabriel Facal.

Gabriel Facal adalah peneliti antropologi sosial, di Institut de recherches Asiatiques (Irasia, Marseille) dan Centre de recherches sur l’Asie du Sud-Est (CASE, Paris). Dia melaksanakan kerja lapangan di Asia Tenggara sejak sepuluh tahun. Dia pernah bekerja terutama di Indonesia, khusunya di Banten, untuk melakukan riset doktoral tentang « orang kuat » jawara. Melalui posisi mereka di kalangan inisiasi ritual bela diri silat, jawara adalah kepala otoritas serta pemimpin politik di daerah Banten.
Di karya pasca doktoralnya, Gabriel Facal telah melakukan studi banding di berbagai daerah dunia Melayu, terutama di Malaysia dan Brunei Darussalam. Dia membuat risetnya melalui penguasaannya terhadap bahasa Melayu dan posisinya dalam jaringan silat. Ditambah dengan pengalamannya sebagai pesilat membuat dia lebih mudah untuk memahami teknik2 bela diri dan konsep yang disampaikan secara inisiasi.

Selain Dr. Gabriel Facal acara ini juga dihadiri oleh dosen-dosen FISIP Unpad diantaranya juga sebagai pemateri Bapak Ira Wardhana yang juga sebagai pemerhati kebudayaan, memberikan pandangannya tentang persilatan.

Dalam acara inipun dihadiri Ketua Program Studi Hubungan Internasional Bapa Dr. Candra Purnama, M.S yang juga sebagai putra asli dari Banten, beliau mengenalkan dan menerangkan tentang jenis-jenis senjata tradisional khas Banten yaitu Golok dari daerah Ciomas.

Acara ini ditutup dengan penampilan silat dari Dr. Gabriel Facal, peserta kuliah umum cukup terpukau dengan penampilan silat Dr. Gabriel Facal yang sangat mahir bermain silat seperti pemain silat asli dari Indonesia.

(Hery W dan Imam S/Humas FISIP Unpad)

https://goo.gl/photos/ksgyyEiLL6MUZTxf8

https://goo.gl/photos/ksgyyEiLL6MUZTxf8