Kunjungan Dosen dan Mahasiswa dari Universiti Science Malaysia (USM)

Kunjungan Dosen dan Mahasiswa USM
Universitas Padjadjaran telah merumuskan renstra jangka panjang periode tahun 2007-2026 dengan visi “Menjadi Universitas Unggul dalam Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Kelas Dunia”. Dalam mencapai visi tersebut telah dirumuskan empat tahapan pengembangan strategi agung (Grand Strategy) yaitu :
• Visi 2011 : Menjadi Universitas Pembelajaran Unggul Berbasis Riset;
• Visi 2016 : Menjadi Universitas Riset dan Pelayanan Unggul;
• Visi 2021 : Menjadi Universitas Unggul Regional;
• Visi 2026 : Menjadi Universitas Unggul Kelas Dunia.
Tahapan 2012-2016 telah berakhir, karena itu dilakukan perumusan tahap Periode 2017-2021. Perumusan tahap ini didasarkan pada evaluasi kinerja dalam pencapaian visi dan misi 2011-2016. Proses evaluasi didasarkan pada Indikator Kinerja Kunci (IKK) yang dilakukan secara objektif kondisi organisasi dan manajemen serta menyikapi perkembangan situasi pendidikan tinggi periode 5 tahun yang akan datang. Tingkat keberhasilan pencapaian visi dan misi pada tiap tahapan ditentukan oleh kemampuan semua elemen institusi Unpad dalam mencapai kinerja sesuai dengan IKK yang telah ditentukan.
Terkait dengan hal tersebut, maka Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran terus melakukan beragam langkah untuk memajukan dan mengembangkan gairah penulisan dan penelitian di lingkungan kampus. Pada tanggal 9-10 November, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mengadakan kerjasama dengan Universitas Sains Malaysia, dengan menggelar acara Studium Generale, dan Program Keikutsertaan Mahasiswa USM dalam proses belajar mengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran selama 11 hari. Kunjungan diikuti oleh rombongan yang dipimpin oleh Dr, Mohamad Saharudin Samsurijan. Selanjutnya, rombongan dari Malaysia juga diikuti oleh Dr. Paramjit Singh Jamir Singh, Dr. Nadhrah A. Kadir, Dr. Siti Rahyla Rahmat, Dr. Mohd Haizan Yahaya dan Dr. Law Chee Hory.
Kunjungan oleh Tim Dosen USM, dilakukan selama 2 hari kerja. Pada hari pertama, dilakukan pembicaraan mengenai peluang kerja sama riset/penelitian, penulisan karya tulisan dan juga kemungkinan program praktikum bersama. Sedangkan pada hari kedua, dilakukan kuliah umum bersama, antara tim pengajar dari USM dan tim pengajar dari UNPAD, dengan dihadiri oleh mahasiswa dari dua negara.
Dr Shararudin, selaku pimpinan rombongan menyatakan ungkapan terima kasihnya atas penerimaan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta menyatakan harapannya yang besar terkait kegiatan/program “dosen tamu” dari FISIP Unpad ke USM. Dekan Fisip UNPAD pada kesempatan ini juga menyatakan bahwa kerjasama ini perlu ditingkatkan tidak hanya sekedar program pertukaran mahasiswa, namun lebih jauh dari itu adalah kolaborasi dalam riset/penelitian dan produksi hasil karya bersama lintas negara. Melalui program tersebut, diharapkan kedua Universitas akan mendapatkan maslahat yang besar, kaitannya dengan pengayaan ilmu pengetahuan, berbagi pengalaman dalam penelitian bersama serta penambahan kuantitas dan kualitas hasil karya dari kedua civitas

https://goo.gl/photos/kf7PjiimQ8mjvuhK8