Workshop Literasi Informasi FISIP EXPO

Workshop Literasi Informasi merupakan bagian dari acara “FISIP EXPO” yang merupakan rangkaian Dies Natalis ke-58 FISIP Unpad, dilaksanakan pada hari Rabu, Tanggal 26 Oktober 2016, di Selasar Mushola FISIP Unpad yang di buka oleh Manager Tata Kelola dan SDM Dr. Herry Wibowo, S.Psi., M.M. Dalam Sambutannya Dr. Herry Wibowo, S.Psi., M.M. sangat mengapresiasi kegiatan workshop yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Program Sarjana agar mereka mengenal lebih jauh mengenai literasi informasi dan layanan yang ada di Perpustakaan FISIP Unpad.

Kegiatan Workshop Literasi Informasi ini di ikuti oleh  Seluruh Mahasiswa Baru Program Sarjana FISIP Unpad pada Kelas Keterampilan Belajar Literasi dan Informasi (KBLI) yang di bagi menjadi 2 (dua) sesi yaitu pukul 09.30 – 11.30 wib dan pukul 13.00 – 15.00 wib.  Adapun Workshop Literasi Informasi dimaksudkan agar mahasiswa baru mengenal lebih jauh mengenai Literasi Informasi dan bagaimana kondisi serta layanan Perpustakaan yang dimiliki oleh FISIP Unpad Untuk pelaksanaannya sengaja di lakukan di luar kelas agar mahasiswa bisa merasakan nuansa yang berbeda atau variatif dalam kegiatan  Keterampilan Belajar Literasi dan Informasi (KBLI) sehingga mereka tidak jenuh, dan tentunya akan lebih menyenangkan serta lebih rileks dalam menerima materi literasi informasi yang diberikan.

Pemateri dalam Workshop Literasi Informasi merupakan Pustakawan FISIP UNPAD  diantaranya R. Rita Marlina, Sos.,M.Si. yang menyampaikan Materi tentang Pengenalan Literasi Informasi dan Sumber Informasi,  Eneng Tresnawati, S.Pd., M.Si., tentang Plagiarisme dan Sitasi Serta Kasundaan, Elly Marlina, S.Sos., tentang Pengenalan Perpustakaan FISIP Kampus Jatinangor serta Strategi Penelusuran Informasi dan Itang Mahmud Adade, S.AP tentang Pengenalan Perpustakaan FISIP Kampus Dago serta Strategi Penelusuran Informasi dengan moderator E. Maksum dan Andri Kusmaya.

Pemateri Pertama dalam Paparannya mengenai Pengenalan Literasi Informasi dan Sumber Informasi, R. Rita Marlina, S.Sos., M.Si. menyampaikan pengertian Literasi Informasi dan sumber sumber informasi dan menjelaskan Model Literasi  Informasi UNPAD.

Pemateri Kedua Eneng Tresnawati, S.Pd., M.Si. dalam paparannya mengenai Plagiariame dan Sitasi Serta Kasundaan menyampaikan pengertian Plagiarisme dan contoh plagiat serta upaya menghindari plagiat serta memaparkan pengertian sitasi dana tipe sitasi yang digunakan oleh Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta anatomi sitasi dan cara membuat daftar pustaka. Di akhir paparannya Eneng Tresnawati, S.Pd., M.Si. menyampaikan mengenai tata krama sunda agar mahasiswa baru yang berasal dari berbagai propinsi di seluruh Indonesia mengenal dan mengetahui bagaimana berbahasa dan berprilaku yang nyunda karena bagaimanapun Unpad khususnya FISIP Unpad berada di lingkungan masyarakat sunda sehingga mereka bisa memahami adat dan budaya sunda.

Pemateri Ketiga yaitu Elly Marlina, S.Sos., memaparkan mengenai Pengenalan Perpustakaan FISIP Kampus Jatinangor serta Strategi Penelusuran Informasi, yang mengenalkan bagaimana Visi dan Misi dari perpustakaan FISIP Unpad serta layanan yang berada di Perpustakaan Kampus Jatinangor serta bagaimana stategi penelusuran layanan e-journal berbayar yang dilanggan oleh Unpad melalui CISTRAL Unpad di http://cisral.unpad.ac.id .

Pemateri keempat Itang Mahmud Adade, S.AP memaparkan mengenai Pengenalan Perpustakaan FISIP Kampus Dago serta Strategi Penelusuran Informasi, menyampaikan bagaimana layanan yang ada di Perpustakaan Kampus Dago serta bagaimana stategi penelusuran layanan tidak berbayar/gratis dari Perpusnas dan bagaimana mahasiswa baru bisa menjadi anggota dari Perpustakaan Nasional RI melaluihttp://perpusnas.go.id secara online dan bagaimana mencari literature dari jurnal nasional secara gratis dan mendownloadnya melalui Portal garuda di http://id.portalgaruda.org .

Di sesi terakhir workshop di buka sesi tanya jawab dan mereka sangat antusias dengan memberikan pertanyaan seputar layanan perpustakaan serta bagaiman cara melakukan penelusuran informasi .  Yang paling menggembirakan adalah adanya testimoni dari Mahasiswa Baru yang di wakili oleh Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional yang menyatakan sangat berterima kasih di adakannya workshop ini karena sangat bermanfaat sehingga mereka menjadi mengetahui lebih jauh tentang Literasi Informasi dan membantu mereka dalam mencari informasi dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh Dosen dan mengenal tata krama sunda mengenai bahasa dan perilaku yang berlaku dalam adat budaya sunda yang sangat membantu mereka dalam bersosialisasi dengan masyarakat.

dsc_2766 dsc_2767 dsc_2773 dsc_2780 dsc_2783 dsc_2788 dsc_2793 dsc_2801 dsc_2802 dsc_2724 dsc_2727 dsc_2729 dsc_2730 dsc_2731 dsc_2732 dsc_2733 dsc_2738 dsc_2742 dsc_2745 dsc_2747 dsc_2762Laporan oleh : Eneng Tresnawati (Pustakawan FISIP Unpad)