Workshop Literasi Informasi

[Unpad.ac.id, 26/10/2016] Pengenalan aspek literasi dan informasi kepada mahasiswa baru tidak hanya dilakukan melalui media pengajaran di kelas saja. Di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran, mahasiswa baru diajak untuk mengenal lebih jauh berbagai layanan literasi kampus melalui suasana yang tidak harus berada di kelas dan jauh lebih guyub.

Manajer Tata Kelola dan Sumber Daya FISIP Unpad, Dr. Hery Wibowo, S.Psi., M.M., mengatakan, pengenalan literasi kampus di luar kelas ini merupakan implementasi konsep belajar menyenangkan dari program Happiness Integrity Transition Study(HITS) Unpad. Kegiatan ini diikuti mahasiswa baru pada kelas Keterampilan Belajar Literasi dan Informasi (KBLI).

Digelar di selasar kampus FISIP Unpad Jatinangor, Rabu (26/10), mahasiswa baru diberikan pemahaman mengenai pentingnya literasi informasi serta berbagai layanan perpustakaan oleh para Pustakawan FISIP. Tujuannya, mahasiswa dapat mengenal sejak dini terkait layanan perpustakaan di kampus FISIP.

Lebih lanjut, dosen prodi Kesejahteraan Sosial ini mengatakan, dengan dibekali pengetahuan sejak dini, mahasiswa akan lebih terbiasa dalam mencari referensi perkuliahan di perpustakaan. Perpustakaan FISIP sendiri saat ini memiliki dua lokasi perpustakaan dengan ragam koleksi buku ilmiah, jurnal online, maupun jurnal cetak yang bisa diakses untuk seluruh mahasiswa. Sayangnya hal ini belum banyak dimanfaatkan oleh mahasiswa.

Padahal, aspek literasi dan informasi sangat dibutuhkan mahasiswa guna menunjang kegiatan pembelajaran. Dr. Hery mengatakan, tugas terbesar mahasiswa ialah menghasilkan karya ilmiah yang bermaslahat. Karya ilmiah ini tentunya harus berbasis keilmuan yang kuat.

Penguatan keilmuan itu wajib hukumnya melakukan pencarian referensi ilmiah, baik berupa buku ajar, jurnal, artikel ilmiah, hingga hasil proceeding pada seminar-seminar ilmiah. Perpustakaan menjadi motor utama sebagai penyedia berbagai referensi tersebut.

Melalui pengenalan sejak dini, Dr. Hery berharap, mahasiswa tidak hanya menggunakan layanan perpustakaan hanya saat mengerjakan tugas akhir saja. Selama berstatus sebagai mahasiswa, perpustakaan menjadi ruang yang harus dimanfaatkan untuk mencari berbagai literatur.

“Kita berusaha tampilkan semuanya, baik online maupun offline, di perpustakaan, mereka (mahasiswa) dapat kenal berbagai penelitian yang dihasilkan dosen FISIP maupun dari luar, sehingga dapat mereka olah menjadi karya ilmiah,” kata Dr. Hery.

Selain mendorong mahasiswa baru lebih akrab perpustakaan, melalui program HITS ini mahasiswa sudah mulai didorong untuk menghasilkan karya ilmiah yang wajib menyertakan referensi dari berbagai literasi ilmiah.

Kegiatan ini merupakan bagian dari acara “FISIP Expo” dalam rangka Dies Natalis ke-58 FISIP Unpad. Kegiatan diisi dengan penyampaian materi tentang literasi oleh para Pustakawan FISIP.

“Kita hadirkan Pustakawan kami yang sudah bersertifikat, karena mereka sudah mendapatkan pendidikan pustakawan berkelanjutan dari UPT Perpustakaan Unpad,” jelas Dr. Hery saat ditemui di sela pelaksanaan kegiatan.

Setelah dikenalkan terkait layanan literasi, mahasiswa baru juga diajak untuk melihat berbagai hasil penelitian para guru besar FISIP Unpad. Sebanyak 12 karya penelitian yang merupakan implementasi program Academic Leadership Grant (ALG) Unpad ini ditampilkan melalui media poster yang terpampang di sepanjang koridor Gedung Dekanat FISIP.

Ajang pamer ini juga bertujuan agar mahasiswa dapat mengetahui lebih lanjut terkait ragam hasil penelitian para guru besar dan dosen FISIP. Dr. Hery mengatakan, mahasiswa diharapkan dapat mengenal kepakaran dari para guru besarnya, bahkan bisa ikut terlibat dalam road map kepakaran tersebut.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

dsc_2727 dsc_2729 dsc_2730 dsc_2731 dsc_2732 dsc_2733 dsc_2738 dsc_2742 dsc_2745 dsc_2747 dsc_2762 dsc_2766 dsc_2767 dsc_2773 dsc_2780 dsc_2783 dsc_2788 dsc_2793 dsc_2801 dsc_2802 dsc_2724