Unpad dan Telkomsel Luncurkan Aplikasi Unpad Mobile

Kerja sama antara Universitas Padjadjaran dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) semakin diperkuat dengan telah ditandatanganinya Piagam Kerja Sama antara kedua belah pihak. Penandatanganan dilakukan oleh Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad dengan Director Sales PT. Telekomunikasi Selular, Mas’ud Khamid, di Ruang Serba Guna Gedung 2 Lantai 4 Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Jumat (5/08).

Pimpinan Unpad dan Telkomsel saat penandatanganan piagam kerja sama di Ruang Serba Guna Gedung 2 Lantai 4 Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Jumat (5/08). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Pimpinan Unpad dan Telkomsel saat penandatanganan piagam kerja sama di Ruang Serba Guna Gedung 2 Lantai 4 Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Jumat (5/08). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

“Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tak terhingga pada Telkomsel yang telah secara konsisten berkomitmen, atas dedikasinya bekerja secara terus menerus dengan Unpad,” kata Rektor.

Dalam sambutannya, Rektor juga berharap agar kegiatan kerja sama ini dapat semakin kuat dan lebih bermanfaat bagi masyarakat. “Kami mengajak bersama-sama. Saya yakin jika partnership yang dibangun Telkomsel juga punya kepedulian kuat dan menilai masyarakat itu jadi aset yang sangat luar biasa, maka Insya Allah bukan hanya target-target tangible yang bisa mendorong berkembangnya perusahaan ini termasuk Unpad, tapi ujungnya adalah bagi untuk kebaikan masyarakat,” tutur Rektor.

Salah satu kegiatan kerja sama antara Unpad dengan Telkomsel adalah dengan hadirnya Unpad Mobile yang diluncurkan pada kesempatan tersebut. Unpad Mobilemerupakan sebuah aplikasi smartphone yang dapat memudahkan akses informasi bagi civitas academica Unpad. Aplikasi kampus mobile ini pertama kalinya diaplikasikan di Unpad.

“Itu apresiasi bagi kami juga sehingga di sisi lain, kami pun terpanggil untuk terus mengembangkan aplikasi ini bersama-sama,karena jangan sampai stagnan. Itu ciri akademiknya,” ujar Rektor.

Dalam kesempatan tersebut,  Ketua BEM Kema Unpad Navajo Bima Hadisuwarno memperagakan penggunaan aplikasi Unpad Mobile. Dalam aplikasi ini, pengguna diminta untuk masuk menggunakan Paus ID. Berbagai fitur telah tersedia dalam Unpad Mobile, seperti peta kampus, forum, nilai setiap mata kuliah, jadwal kuliah, dan sebagainya.

“Untuk mahasiswa tentunya membantu sekali dalam berinteraksi antar mahasiswa, dan juga membantu proses pembelajaran,” ujar Navajo.

Sementara itu, Mas’ud Khamid mengatakan bahwa aplikasi ini dapat menyinergikan kepentingan universitas dengan mahasiswa, orangtua, bahkan alumni. Berbagai informasi tersaji secara real time dan selalu diperbarui.

Dalam acara ini juga dilakukan peluncuran Kartu Hebat Unpad yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa Unpad. Dengan kartu ini, mahasiswa dapat memanfaatkan layanan Telkomsel dengan harga yang lebih murah. “Jadi kartu ini khusus kita desain untuk mahasiswa Unpad,” ujar Mas’ud.

Selain itu, Telkomsel juga menyerahkan bantuan dua buah angkutan kampus yang akan dimanfaatkan sebagai sarana transportasi gratis di Unpad kampus Jatinangor. Menurut Rektor, dengan adanya angkutan kampus ini bukan hanya memudahkan mobilitas civitas academica Unpad di dalam kampus, tetapi juga turut mendukung komitmen Unpad untuk mengurangi jumlah kendaraan di Unpad. Seiring dengan meningkatnya jumlah angkutan kampus , Unpad juga akan membatasi civitas academica yang membawa kendaraan pribadi ke lingkungan kampus.

“Kami berupaya keras agar kedepan kampus Unpad ini betul-betul ramah lingkungan. Salah satunya, mengurangi beredarnya kendaraan di dalam kampus,” ungkap Rektor.*

sumber : www.unpad.ac.id