Gratis, Akses e-Journal dari Empat Vendor Hingga 30 Agustus 2016

[Unpad.ac.id, 15/07/2016] Kabar baik bagi civitas academica Unpad yang memerlukan akses e-journal untuk referensi perkuliahan. Terhitung tanggal 1 Juli – 30 Agustus 2016, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Unpad bekerja sama dengan beberapa vendor e-journal memberikan masa free trial access kepada seluruh pengguna di Unpad melalui laman http://cisral.unpad.ac.id/.

cisral2Ada empat vendor e-journal yang bisa diakses secara gratis, yaitu Springer, Sage Journal, Proquest, dan Ebsco. Pengguna bisa mengakses, membaca, hingga mengunduh berbagai jurnal ilmiah di empat vendor tersebut secara gratis di lokasi manapun. Untuk mengaksesnya, pengguna tinggal memasukkan username dan password yang tersedia di Perpustakaan sentral maupun perpustakaan di tiap fakultas.

Kepala UPT Perpustakaan Unpad, Wina Erwina, dra., M.A., mengatakan, penyediaan free trial access ini didasarkan adanya proses pemindahan perpustakaan sentral Unpad dari Bandung ke Jatinangor. Dengan adanya proses pemindahan tersebut, beberapa sistem layanan perpustakaan, termasuk akses e-journal mengalami pembenahan.

“Langkah ini dilakukan sebelum kita membeli akses e-journal-nya setelah sistem selesai. Saat ini kita sedang menyiapkan untuk membeli e-journal. Diharapkan, free trial access ini untuk mengisi kekosongan layanan e-journal,” ujar Wina saat diwawancarai Humas Unpad, Kamis (14/07).

Lebih lanjut Wina mengungkapkan, masa ujicoba yang berlangsung selama Juli hingga Agustus ini diperuntukkan terutama bagi dosen maupun mahasiswa Pascasarjana dalam rangka mempersiapkan pembelajaran di semester depan.

Dengan adanya layanan gratis ini, pengguna dapat menemukan berbagai referensi keilmuan guna menunjang aspek pembelajaran maupun penelitian. Wina mengatakan, penyediaan layanan ini diharapkan tidak hanya konsumtif digunakan, tetapi menjadi penunjang produktivitas pengguna untuk menghasilkan keilmuan baru.

“Ke depan sebetulnya Unpad juga mampu menjadi vendor karya ilmiah, karena beragamnya keilmuan, dosen, dan mahasiswa yang dimiliki,” kata Wina.

Layanan e-journal ini telah mencakup bidang keilmuan umum di Unpad. Wina mengatakan, ke depan pihaknya akan menyiapkan koleksi e-journal untuk bidang keilmuan spesifik yang dimiliki Unpad.

“Dengan layanan ini kita minta masukan dari pengguna atas kebutuhan keilmuannya. Kita tampung dan akan kita petakan terutama untuk pengajuan pembelian di tahun berikutnya,” kata Wina.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh