Besok, Unpad Anugerahkan Gelar Doktor Honoris Causa kepada Megawati Soekarnoputri

[Unpad.ac.id, 24/05/2016] Berbagai pemikiran dan kebijakan yang dihasilkan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Hj. Megawati Soekarnoputri, dapat memberikan kontribusi berharga bagi kalangan akademik karena memiliki aspek originalitas. Pola pemikiran, kepemimpinan, serta konsistensi Megawati dalam ilmu politik serta pemerintahan, juga memberi inspirasi bagi generasi bangsa berikutnya.

Suasana jumpa pers menjelang Penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa dalam bidang Ilmu Politik dan Pemerintahan bagi Hj. Megawati Soekarnoputri di Executive Lounge Unpad, Jln. Dipati Ukur 35 Bandung, Selasa (24/05). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Suasana jumpa pers menjelang Penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa dalam bidang Ilmu Politik dan Pemerintahan bagi Hj. Megawati Soekarnoputri di Executive Lounge Unpad, Jln. Dipati Ukur 35 Bandung, Selasa (24/05). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Demikian dikatakan Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Tri Hanggono Achmad, saat menggelar jumpa pers terkait penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa bagi Megawati Soekarnoputri di Executive Lounge Unpad, JLn. Dipati Ukur 35 Bandung, Selasa (24/05). Besok, Rabu 25 Mei 2016, Unpad akan memberikan anugerah Gelar Doktor Honoris Causa dalam Bidang Politik dan Pemerintahan bagi Hj. Megawati Soekarnoputri di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jln. Dipati Ukur 35 Bandung.

Hadir sebagai narasumber dalam jumpa pers tersebut Ketua Tim Promotor Penganugerahan Doktor Honoris Causa bagi Megawati, Prof. Dr. Obsatar Sinaga, MSi., teman satu angkatan Megawati di Fakultas Pertanian Unpad, Prof. Dr. Nurpilihan Bafdal dan Iwan Abdurrahman, serta Ketua DPP PDI Perjuangan, Dr. Andreas Pareira.

“Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpad melakukan analisis terhadap pemikiran-pemikiran ibu Megawati, dan menemukan nilai-nilai akademik yang original. Besok dalam pertanggungjawaban akademik akan disampaikan oleh tim promotor. Alasan lainnya, ada hubungan emosional antara Unpad dengan ibu Megawati,” ujar Rektor.

Megawati Soekarnoputri tercatat sebagai mahasiswa Teknik Pertanian, Fakultas Pertanian Unpad pada 1965 hingga 1967. Ketika itu, kampusnya berada di Jln. Maulana Yusuf Bandung. Namun karena situasi politik nasional ketika itu, Megawati tidak bisa melanjutkan studi dan kembali ke Jakarta. Dalam karir politiknya, Megawati Soekarnoputri memimpin PDI Perjuangan hingga saat ini, menjadi Wakil Presiden RI (1999-2001), dan menjadi Presiden RI ke-5 periode 2001-2004.

Narasumber jumpa pers

Narasumber jumpa pers

Prof. Dr. Obsatar Sinaga, MSi., Ketua Tim Promotor yang merupakan Guru Besar FISIP Unpad, memaparkan, timnya menemukan sejumlah pemikiran dan kebijakan Megawati yang memberi nuansa kuat terhadap ilmu politik dan secara nyata memberi pengaruh kuat dalam pemerintahan hingga saat ini. “Kami meyakini sepenuhnya, secara akademik, ibu Megawati layak diberikan gelar Doktor Honoris Causa,” tegas Prof. Obsatar.

Sementara Ketua DPP PDI Perjuangan, Dr. Andreas Pareira mengatakan, pihaknya atas nama Megawati mengucapkan terima kasih kepada Unpad atas anugerah gelar ini. “Ini bukan sekadar sebuah gelar kehormatan, ini adalah pertemuan dunia praksis dengan dunia akademis. Model kepemimpinan yang ibu Mega tampilkan selama ini memperoleh penghargaan yang sepantasnya dari dunia akademik yang terhormat, dari Universitas Padjadjaran, tempat ibu dulu juga mulai menimba ilmu,” ujar Dr. Andreas Pareira.

Sedangkan Iwan Abdurrahman dan Prof. Dr. Nurpilihan Bafdal menceritakan pengalaman mereka saat menjalani kuliah bersama Megawati selama hampir satu semester di tahun 1965. Dalam pandangan mereka, Megawati adalah sosok yang rajin dan cerdas. “Jadi Megawati tidak bisa menyelesaikan kuliahnya bukan karena ketidakmampuannya, tapi karena kondisi politik yang memaksa ketika itu,” ujar Prof. Dr. Nurpilihan yang kini merupakan Guru Besar Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Unpad. *

Laporan oleh: Erman