Sosialisasi Gagasan Calon Dekan FISIP Unpad

[Unpad.ac.id, 14/12/2015] Sebanyak tiga calon Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran Periode 2016-2021 mempresentasikan gagasannya pada acara Sosialisasi Gagasan Calon Dekan di Aula FISIP Unpad Kampus Jatinangor, Kamis (10/12). Sosialisasi ini dihadiri oleh Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, Wakil Rektor Bidang Tata Kelola dan Sumber Daya Unpad Dr. Sigid Suseno, S.H., M.Hum., pimpinan, serta Dekan, sivitas akademika dan tenaga kependidikan FISIP Unpad.

Suasana sosialisasi gagasan Calon Dekan FISIP Unpad di Aula FISIP Unpad Jatinangor, Senin (14/12). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Moderator Dr. Rd. Achmad Buchari, SIP., MSi (paling kanan) dan tiga Calon Dekan FISIP Unpad di Aula FISIP Unpad Jatinangor, Senin (14/12). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Ketiga calon dekan tersebut ialah Dr. R. Widya Setiabudi S, S.IP., S.Si., M.T., M.Si (Han), Prof. Yanyan Mochamad Yani, MAIR., PhD., dan Junardi Harahap, S.Sos., M.Si., PhD. Sosialisasi ini dimoderatori oleh Dr. Rd. Achmad Buchari, S.IP., M.Si., dan dibuka secara resmi oleh Dr. Sigid Suseno.

Dr. Widya Setiabudi

Dr. R. Widya Setiabudi S., S.IP., S.Si., MT., M.Si (Han)

Gagasan yang disampaikan Dr. Widya adalah, FISIP Unpad harus memiliki keunggulan pada jumlah prodi, jumlah peminat, akreditasi “A”, jumlah SDM muda, serta adanya program kerja pendukung untuk daya saing. Untuk itu, keunggulan ini harus dipertahankan guna meningkatkan kualitas FISIP Unpad.

Adapun rencana program pencapaian yang akan dilakukan adalah peningkatan kualitas pembelajaran berbasis transdisiplin, peningkatan riset dan program kreativitas mahasiswa, peningkatan publikasi ilmiah, penguatan kemahasiswaan dan partisipasi alumni, penguatan komponen sumber daya manusia dan sarana, serta penguatan kerja sama dengan mitra.

Prof. Yan

Prof. Yanyan Mochamad Yani, MAIR., PhD

Prof. Yanyan menyampaikan gagasannya terkait rencana FISIP Unpad menuju regional class faculty. Ada tiga langkah besar yang diusung olehnya, yaitu menyelaraskan dengan target kinerja Unpad 2015-2019, mendorong pencapaian target IKK FISIP periode 2016-2021, serta mewujudkan regional class faculty.

Dengan tiga langkah tersebut, Prof. Yanyan mengutarakan dua rencana program kerja. Dua rencana proker tersebut meliputi; penyelenggaraan kegiatan rutin layanan pendidikan (peningkatan layanan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan publikasi ilmiah, pengabdian, kemahasiswaan dan alumni, serta layanan umum dan kerumahtanggaan); serta pengembangan layanan (penguatan fondasi, pengokohan fondasi, dan mewujudkan regional class faculty).

Junardi Haharap

Junardi Haharap., S.Sos., M.Si., PhD

Sementara Junardi, PhD., menyosialisasikan gagasan mengenai “Saung” FISIP Unpad: Tangguh, Unggul, Maslahat. Filosofi “saung” menurut Junardi ini menggambarkan keterbukaan/transparansi/kebebasan dan perspektif budaya Sunda.

“Artinya pengelolaan FISIP Unpad harus bersifat keterbukaan, efektivitas, akuntabilitas dan efisiensi di dalam pengelolaannya. Tidak ada sekat,” kata Junardi.

Konsep “saung” ini akan diterapkan pada aspek pengajaran (otonomi keilmuan yang berbasis tanggung jawab, dan kreativitas dalam Tridharma), entrepreneur leadership, program block grants prodi dan departemen untuk mewujudkan prodi dan departemen yang unggul, corporate culture leadership, pemberdayaan SDM untuk menghasilkn insan FISIP maslahat, serta program maslahat buat masyarakat.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh