Mahasiswa FISIP Unpad Juara Novice Category di Lomba Debat JOVED di Atma Jaya Yogyakarta

Delegasi Tim Debat Bahasa Inggris Universitas Padjadjaran berhasil menjadi juara Novice Category di ajang Java Overland Varsity English Debate (JOVED) 2015 yang diadakan di Univesitas Atma Jaya Yogyakarta, pada 24-28 Juni 2015 lalu.

Mahasiswa Unpad yang mengikuti Lomba Debat Java Overland Varsity English Debate 2015 di Universitas Atma Jaya Yogyakarta,  24-28 Juni lalu. Dari kiri ke kanan: Jeffrey Aruan, Nabila Putri Zasa, dan Laura Erawan *

Perwakilan Tim Debat Unpad terdiri dari Nabila Putri Zasa yang berasal dari Fakultas Ilmu Komunikasi, Laura Erawan dari Fakultas Psikologi, dan Jeffrey Aruan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Untuk tim adjudicators, terdiri dari Tengku Omar yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Rizky Pradhani dari Fakultas Ilmu Budaya, serta Satria Mahesya dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Juara pertama Novice Category ini berhasil Unpad raih setelah mengalahkan Universitas Negeri Surabaya di Babak Final. Selain menjadi Novice Champion, delegasi Unpad juga berhasil mendapat penghargaan pribadi. Laura Erawan, berhasil menjadi 2nd Best Novice Speaker. Selain itu, Tengku Omar dan Rizky Pradhani berhasil menjadi Breaking Adjudicators dengan akreditasi juri yang baik.

“Alhamdulillah dapat akreditasi A. Saya senang bisa dipercaya menjadi juri di Grand Final, yang artinya saya dipercaya dan saya dianggap qualified untuk menjadi juri di ruangan sengit karena kemampuan analisis dan komparasi yang bagus,” ucap Omar ketika ditanya bagaimana perasaannya setelah berhasil mendapat penghargaan.

Ditemui pada hari sebelumnya, Laura, salah satu delegasi juga merasakan hal yang sama. “Perasaan saya sangat senang karena saya banyak belajar selama kompetisi. Saya banyak belajar dari debaters senior yang berasal dari universitas lain. Saya sangat bersyukur menjadi bagian dari UKM English Speaking Union (ESU) karena lewat UKM ini saya dilatih,” ujarnya.

Nabila, yang ditemui pada kesempatan yang sama dengan Laura, juga menambahkan, “Kami sangat senang dengan hasil ini. Latihan kami berbuah hasil yang baik. Apalagi bagi saya pribadi, yang masih tergolong mahasiswa baru, ini adalah prestasi yang bisa memacu saya untuk lebih baik lagi. Saya senang bisa membawa nama Unpad di tingkat nasional,” tuturnya.

Ada dua kategori dalam ajang lomba JOVED 2015. Novice dan Main Category. Novice Category adalah kategori khusus untuk debaters yang belum pernah ikut kompetisi debat tingkat nasional sebelunya dalam dua tahun terakhir. Kalaupun sudah pernah, belum pernah masuk ke babak eliminasi. Sementara Main Category adalah kategori untuk debaters yang sudah pernah berpartisipasi dalam lomba nasional sebelumnya, dan sudah pernah masuk babak eliminasi. Kategori ini dimenangkan oleh Universitas Indonesia setelah berhasil mengalahkan Universitas Gadjah Mada pada babak final.*

Rilis oleh: ESU Unpad / art