Lima Mahasiswa Unpad akan Ikuti Ajou International Summer School 2015 di Korea

Universitas Padjadjaran mengirimkan lima mahasiswanya untuk berpartisipasi dalam Ajou International Summer School (AISS) 2015, di Ajou University Korea, yang diselenggarakan mulai 30 Juni hingga 7 Agustus 2015 mendatang. Kegiatan ini merupakan agenda rutin program pertukaran mahasiswa yang dilaksanakan setiap tahun, sebagai bentuk implementasi kerjasama antara Universitas Padjadjaran dengan Ajou University.

Ajou-Summer-2015
Kelima mahasiswa Unpad yang akan mengikuti kegiatan Ajou International Summer School di Korea berfoto bersama Wakil Rektor III Unpad, Dr. med. Setiawan, dr., Kepala UPT Kerja Sama Unpad, Dr. Anne Nurbaity, dan Sekretaris UPT Kerja Sama Unpad, Kasno Pamungkas, M. Hum *

Kelima mahasiswa yang terpilih telah melewati lima tahap proses seleksi dari 90 peminat, yang dilaksanakan di Kantor UPT Kerjasama pada bulan Maret – April 2015. Mereka adalah Adinda Aditya Mahakita (FISIP), Muthia Evirayani (FISIP), Nea Maryami Ningtyas (FISIP), Zuhaira Husna Fatma (Fakultas Kedokteran), dan Choerunnisa Zula (Fakultas Ilmu Budaya).

Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan mahasiswa 20 negara itu akan diawali dengan orientasi dan field trip selama tiga hari ke Jeju Island, sementara perkuliahan akan dimulai pada 1 Juli 2015.

Sebagai persiapan dalam mengikuti program ini, para peserta terlebih dahulu diberikan pembekalan yang dilaksanakan pada 22 Juni 2015 yang dihadiri Kepala UPT Kerjasama Unpad, Dr. Anne Nurbaity, Sekretaris, Kasno Pamungkas, M.Hum, Kasubag Budi Widarsa Surya serta sejumlah staf UPT Kerja Sama Unpad. Pada kesempatan itu Anne berharap agar para peserta dapat memanfaatkan sebaik-baiknya berbagai kesempatan yang mereka ikuti pada kegiatan tersebut.

Sehubungan dengan wabah penyakit Mers yang sedang melanda di Korea, kelima mahasiswa tersebut disarankan untuk memahami dengan seksama semua petunjuk yang telah diberikan oleh Ajou University dan KBRI di Seoul. Anne juga menambahkan bahwa setelah kembali ke Indonesia, mereka akan diminta untuk berbagi pengalaman kepada mahasiswa Unpad lainnya pada acara Returnee Exchange Seminar yang merupakan bagian dari program internasionalisasi Unpad yang dilaksanakan rutin oleh UPT Kerja Sama Unpad.

Setelah acara pembekalan, para mahasiswa diterima oleh Wakil Rektor III Unpad, Dr. Setiawan. Selain menyampaikan apresiasi dan turut melepas delegasi, Dr. Setiawan, menyampaikan bahwa kegiatan AISS 2015 tahun ini memberi tantangan dan pengalaman tersendiri bagi kelima mahasiswa tersebut, karena waktunya bersamaan dengan puasa Ramadan , terlebih mereka akan merayakan Idul Fitri di Korea. Beliau berharap delegasi yang membawa nama Unpad ini juga mampu meningkatkan reputasi Unpad di dunia internasional.*