Mahasiswa FISIP Unpad Pantau Gejolak Pilkada

Radar Tasikmalaya, 26/5/2015

Puluhan mahasiswa Fakulas ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran, Bandung mengadakan pemantauan perkembangan politik dan pemerintahan di Kabupaten Pangandaran.
Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad Dr H Nandang Alamsah Deliarnoor SH MHum mengatakan pemantauan tersebut dilakukan dalam rangka praktikum.  “Kebetulan di Pangandaran akan melaksanakan Pilkada pertama, gejolak politik ini bisa dijadikan objek praktikum mahasiswa kita,” ungkapnya kepada Radar saat ditemui di Aula Setda, kemarin (25/5/2015).
Dikatakanya, kajian yang dilakukan mahasiswanya sangat luas diantaranya isu desentralisasi, dinamika politik lokal,manajemen bencana dan kerjasama antar pemerintah daerah.
“Kita memilih Pangandaran sebagai tujuan praktikum karena merupakan salah satu daera otonomi baru sehingga tentu akan lebih exciting untuk menjadi laboratorium yang lebih luas,” ungkapnya.
Dikatakannya, FISIP Unpad pernah melakukan kajian dalam studi kelayakan pemekaran daerah. “Saya sendiri dulu pernah ikut meneliti layak dan tidaknya Pangandaran mekar,” tuturnya. (oby)