HIMA ILMU POLITIK UNPAD TERPILIH PIMPIN KORWIL 3 HIMAPOL SE-INDONESIA

Universitas Andalas Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Kongres Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik seluruh Indonesia pada tanggal 17-18 Februari 2015 di Vila Pemkab Solok, Danau Diatas, Sumatera Barat. Kongres ini merupakan yang pertama di Indonesia dan Universitas Andalas mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah pertama.

B9_KG01CYAEdrCm.jpg-large

Sebanyak 13 perguruan tinggi mengikuti Kongres Mahasiswa Ilmu Politik tersebut, antara lain Unand, Unair, Unhas, UI, Universitas Islam Negeri Jakarta, ISIP Jakarta, Unimal, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Unpad, Universitas Sumatera Utara, Unsyiah, dan Universitas Tanjung Pura Banjarmasin.

Selain membahas berbagai isu penting yang tengah terjadi dalam dinamika politik Indonesia saat ini, Kongres ini juga mencari satu suara bagi mahasiswa seluruh Indonesia untuk mendukung politik bersih. Hasil dari Kongres tersebut adalah pembentukan Himpunan Mahasiswa Ilmu Poltik Indonesia (HIMAPOL Indonesia). Susunan kepengurusan dipimpin oleh Ketua terpilih, yaitu M. Zulkarnain dari Universitas Hasanuddin Makassar. Dibantu dengan Koordinator Wilayah (Korwil), yang terbagi menjadi 4 wilayah, yakni Korwil 1 meliputi Pulau Sumatera, Indonesia Barat (dengan koordinatornya Moslem dari Universitas Malikussaleh, Lhoksumawe Aceh); Korwil 2 mencakup wilayah Jabodetabek (dikordinatori oleh Travellio Augusta dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta); Korwil 3 meliputi wilayah Jabar, DIY, Jateng, Pulau Kalimantan, dan Indonesia Tengah (dengan Koordinator M. Hanif Arrazi dari Universitas Padjadjaran); serta Korwil 4 mencakup Jatim, Bali-Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Papua, Indonesia Timur (dengan Koordinator Regsa dari Universitas Brawijaya Malang). Tindak lanjut dari hasil Kongres ini adalah penyelenggaraan Rakernas direncanakan berlangsung di Universitas Brawijaya, paling lambat tanggal 30 September 2015

(Laporan oleh: Fikri/Carol).